RESEP KUE TAMBANG / UNTIR UNTIR. Kue Andalan di Masa Kecilku Dulu


Kue masa kecilku... Kemaren nyoba bikin ternyata anak2 pada doyan. Aku bikin tanpa telur, rasanya Sama2 enak dan renyah kok sama yang pake telur.

Cuma bedanya kalo pake telur renyahnya cenderung renyah empuk sedangkan kalo gak pake telur cenderung renyah garing. Kalo aku lebih suka yang gak pake telur...

Gorengnya aman gak bikin minyak berbusa dan gak cepet eneg dimakannya.... Balik ke selera masing2 yaa... Kalo mau pake telur tinggal tambahin 1 butir telur agak besar. Takaran santan dikurangi, cukup pake santan instant aja tanpa tambahan air. Kecuali kalo adonan masih keras boleh ditambah air sampai kalis

KUE TAMBANG/ UNTIR UNTIR
By: Wawa Wiati

Bahan :

  • 300 gr tepung segitiga biru + 2 sdm maizena
  • 80gr gula halus ( gula pasir di bender)
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/3 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili
  • 60gr margarin
  • 140 ml santan ( saya 1 kara kecil+ air)
  • 2 sdm wijen ( opsinal)

Cara Membuat :

1. Campur margarin dengan gula halus, garam, vanili dan baking powder, aduk sampai tercampur rata. Masukan terigu dan wijen, uleni dg tangan sambil dituangi santan sedikit demi sedikit. Stop nambah santan kalo adonan dirasa sudah cukup lembut dan kalis.

2. Bagi 3 adonan . Ambil satu bagian adonan, pipihkan dg rolling pin lalu potong dan rapikan pinggirannya dg pisau sampai menbetuk segi panjang. Iris2 selebar 1/2 cm atau sesuai selera.

3. Ambil 1 irisan adonan pelintir dg dua tangan ke arah yang berlawanan lalu satukan kedua ujungnya dan pelintir lagi membetuk tambang. Tekan dan rapatkan bagian ujungnya supaya tidak terbuka saat digoreng.

Cara Lain : Ambil secuil adonan, linting kecil memanjang dg telapak tangan di atas alas kerja. Pelintir berlawanan arah lalu satukan kedua ujungnya, pelintir dan rapatkan ujungnya. Lalukan sampai adonan habis. Goreng dalam minyak panas dg api kecil sampai berwarna keeemasan. Angkat, tiriskan. Setelah dingin masukan ke dlm toples yg tertutup rapat supaya awet renyahnya.

Selamat mencoba yaa :)

Sumber

LihatTutupKomentar