Resep Serabi Solo yang Gurih Manis Buat Teman Ngopi Sore


Penasaran sama kue ini . Karena kue serabi yang populer di tempatku itu biasanya rasanya asin gurih bertopping sambal oncom/ abon atau manis berkuah santan.

Padahal ini enak juga.... rasanya manis dan gurih, kalo udah dingin lembut dan lentur yaaa jadi bisa digulung. Tapi saran aku kalo memang mau bikin yg versi gulung ngisi cetakan jangan terlalu banyak supaya serabinya gak terlalu gendut, agak rawan pecah di bagian tengah kalo serabinya kegendutan. Apalagi kalo cetakannya cekung banget.

RESEP SERABI SOLO
By: Wawa Wiati

Bahan Serabi (Rebus sampai mengental):

  • 225 gram tepung beras
  • 2 sdm terigu ( sekitar 25 gr )
  • 2 sdm tapioka ( sekutar 25 gr)
  • 1 sdt ragi instant
  • 1/2 sendok teh garam
  • 110 gram gula pasir
  • 680 ml santan
  • 1 butir telur dikocok lepas
  • 1 lembar daun pandan
  • Bahan areh :
  • 250 ml santan kental
  • Seujung sdt garam

Topping : Potongan nangka, messes, keju parut, kelapa muda, irisan pisang ( sesuai selera aja )

Cara Membuat :

1. Rebus santan bersama dengan garam dan daun pandan hingga mendidih, biarkan sampai hangat kuku

2. Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan dan garam hingga rata. Tambahkan dengan telur, lalu aduk hingga rata.

3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil di kocok kocok perlahan dg whisker sampai berbuih ( sekitar 15 menit) lalu istirahatkan adonan selama 1 jam.

4. Tuang 1,5 sendok sayur adonan ke dalam cetakan yang telah dipanaskan lalu tekan bagian tengahnya dengan bagian bawah sendok sayur, gerakan sendok sayur dg arah memutar sampai terbentuk kulit tipis di bagian tepinya. biarkan hingga mengembang dan berpori, siram bagian tengahnya dg 1 sdt areh.beri topping tutup wajan dan biarkan hingga matang. Kalo mau digulung tunggu sampai kuenya dingin dulu yaa.

Sumber

LihatTutupKomentar