Resep Tongseng Sapi Tanpa Santan. Sajian Nikmat yang Bikin Diet Gagal Total πŸ˜…


Tongseng sapi tanpa santan yang tempo hari pernah di share. Hayoo ngaku.. siapa yang gak sabaran minta resep, monggo dipraktekin yah... jangan cuma buat di simpen-simpen aja resepnya, ntar jamuran lho πŸ˜‚.

Saya lebih suka tongseng tanpa santan kayak gini, gak bikin eneg, apalagi kalo masak sendiri yah.. bisa atur sendiri level pedesnya, manisnya, gurihnya.. enak banget Alhamdulillah😊 .

RESEP TONGSENG SAPI TANPA SANTAN
by: @aras_galeri

Bahan:

  • 250 gr daging sapi (sy pake bag sengkel)
  • Kol secukupnya (sy pake 1 bonggol ukr kecil)
  • 15 cabe rawit merah
  • 1 tomat merah
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang sereh
  • 2 lbr daun salam
  • 4 lbr daun jeruk
  • 1 sdm bawang goreng
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm gula jawa
  • Garam dan kaldu jamur non msg (bs ganti kaldu bubuk biasa)

Bumbu Halus:

  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1/2 sdm jahe giling
  • 1/2 sdt kunyit giling
  • 1 sdt lada bubuk

Caranya:

1. Didihkan air dalam panci, masukkan daging yg sudah di bilas, lalu rebus sekitar 5 menit, buang airnya, lalu potong sesuai selera (kalau mau dagingnya lsg di masak tanpa di rebus ya silahkan aja ya)

2. Tumis bumbu halus, daun2 dan sereh sampai harum, lalu masukkan daging, aduk-aduk lalu masukkan sekitar 2 gelas air matang, tambahkan kecap, gula jawa, garam dan kaldu jamur, masak sampai daging empuk dengan api kecil

3. Menjelang kuah menyusut masukkan cabe rawit merah utuh

4. Setelah daging empuk dan kuah menyusut, masukkan potongan kol, masak sebentar aja (sy lbh suka tekstur kol yg crunchy) lalu masukkan potongan tomat, irisan daun bawang
Hidangkan tongseng sapi dengan taburan bawang goreng

Catatan: Kalau airnya sudah mulai menyusut tapi daging belum empuk, tambahin lagi air matang yah, masak terus sampai daging empuk, daging sengkel bisa empuk selama 45 menit di masak dengan api keciiil dan wajan di tutup, semoga bermanfaat😊

Sumber

LihatTutupKomentar