Resep Ayam + Ceker Mercon. Meledak-ledak Rasanya! ๐Ÿ˜„


Beneran pedas ini ya ampuuun, meledak-ledak rasanya kayak mercon!!! Tapiiii.. Apa aku aja yang lebay ya, cabe segitu kok cemen udah kepedesan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Buat yang gak tahan pedes bisa dikurangin jumlah cabenya yaaa, atau buat yang suka pedes bisa tambah lagi cabenya ๐Ÿ˜„

Ini ayamnya aku ungkep dulu, terus digoreng jadi kenanya kayak ayam goreng sambel mercon gitu, soalnya kalo gak digoreng dulu mirip rica-rica dong jadinya ๐Ÿ˜„

RESEP AYAM & CEKER MERCON
BY: @reystafauzia

Bahan:

  • 4 potong sayap ayam
  • 10 potong ceker ayam
  • 3 biji cabe hijau besar, cincang halus
  • 2 biji cabe merah besar, cincang halus
  • 15 biji cabe rawit, iris kecil
  • Garam
  • Gula

Bumbu Ungkep Uleg:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • Garam

Bumbu Sambal Mercon:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 biji cabe merah besar
  • 2 cm jahe

Caranya:

1. Ungkep terlebih dahulu ayam dan ceker dgn bumbu ungkep yg sudah diuleg sampai air menyusut dan bumbu meresap.

2. Angkat lalu goreng ayam dan ceker sebentar, jangan terlalu garing supaya daging ayam masih terasa lembut dan enak dimakan, tapi bisa juga kalo mau digoreng garing, sesuai selera.

3. Tumis bumbu halus, cabe rawit, cabe ijo dan cabe merah yg sudah dicincang halus tadi, tumis hingga wangi. Beri garam dan gula.

4. Koreksi rasa. Lalu masukan ayam dan ceker. Aduk rata bersama bumbu, matikan api, angkat lalu sajikan.

Selamat mencoba yaa :)

Sumber

LihatTutupKomentar